
Produk Ketan Pocong
Woeng
Ndesoe
![]() |
Add caption |


BAB I
PENDAHULUAN
I. Latar belakang Usaha
Dalam era globalisasi
saat ini, Cemilan-cemilan
daerah sudah mulai ditinggalkan dan kini beralih kecemilan modern seperti
Hambuger, Bakpia, Spageti, dll. Dari permasalahan ini kami ingin mengangkat
lagi sebuah cemilan khas di waktu lebaran yakni madumangsa, kami ingin
mentenarkan lagi cemilan tersebut dengan kemasan yang menarik dan nama yang
menarik pula agar orang-orang tertarik untuk memilih produk kita.
Produk kami memiliki banyak rasa
yang menarik tergantung selera konsumen, dan kita menggunakan perasa alami
sehingga siapa saja yang mengkonsumsi tidak akan takut sakit. Dari sinilah maka
kami berani untuk mengeluarkan produk ini.
Diharapkan dengan produk
ini, masyarakat akan beralih lagi ke cemilan daerah, sehingga cemilan ini akan
dapat dilestarikan.
II. Latar belakang produk
“KETAN POCONG Woeng Ndesoe”, nama KETAN diambil
dari bahan utama produk ini yaitu ketan, nama
POCONG diambil karena bentuknya seperti pocong yaitu dengan kemasan
putih dan diikat dua ujungnya.
Kalau Woeng Ndesoe itu karena cemilan ini adalah
cemilan dari daerah.
BAB II
DISKRIPSI ASPEK BISNIS
I.
Deskripsi umum tentang usaha
Usaha yang
kami dirikan merupakan industri rumah (home industri), yang berkecimpung dalam
bidang kuliner. Kami memproduksi makanan yang berbeda dari makanan yang
beredar.
Usaha kamai
ini didirikan oleh 4 orang dan sekaligus tenaga kerja karena kami masih
membangun. Kami juga belum memiliki system pembagian kerja yang terorganisir
sehingga dalam kegiatan usaha ini kami menangani secara langsung.
Mulai dari
pembelian bahan baku, proses pembuatan dan kegiatan pemasaran.
Dalam
melaksanakan proses produksi kami masih menggunakan peralatan yang sederhana
dan terbatas.
II.
Sejarah
dan latar belakang usaha
Ide pembuatan
ketan pocong ini dilatarbelakangi oleh minat kami untuk membuat suatu produksi
makanan yang memiliki ciri khas sendiri. Hal ini yang membuat kami untuk
membuat makanan yang laku dijual dimasa ini yang ketat dengan persaingan pasar.
Dan yang paling melatarbelakangi pendirian usaha ini adalah untuk memajukan
masyarakat sekitar tempat usaha kami yang kuarang mampu dan tidak memiliki
keahlian khusus yang penting ketentuan,kerja keras dan maju belajar.
III.
Potensi
dan Keunikan Produk
sebuah
keunikan tersendiri yang kami hadirkan dalam produk kami yang terbalut dengan
kreativitas dan inovasi yang memiliki, makanan yang kami produksi secara umum
adalah sejenis makanan biasa yang diedarkan di pasaran pada umumnya. Yang
berbeda dari jenis makanan yang kami pasarkan adalah ciri khas rasa yang
menarik sehingga menjadi sensasi tersendiri pada saat menikmati. Hal ini
berbeda dari makanan sejenis yang kebanyakan beredar di pasaran yang tidak
memiliki keunikan rasa yang menarik atau bisa dikatakan hanya bisa saja.
BAB III
ASPEK PEMASARAN
Penelitian dan Analisis
1. Target Pasar
Kosumen yang kami targetkan
yakni masyarakat yang mencintai produk ini dan masyarakat yang memiliki selera
rasa yang bervariasi. Kami memiliki keyakinan bahwa produk yang kami pasarkan
dapat dinikmati oleh para pecinta cemilan dari orang tua, dewasa dan remaja.
Karena harga yang relatif terjangkau dan rasa yang unik. Pemilihan target pasar
ini diharapkan akan mampu meningkatkan jumlah pendapatan yang kami terima.
2. Tren pasar
Saat ini kebanyakan makanan
yang di jual di pasar adalah makanan yang modern yang lebih mahal harganya,
sehingga kita mengeluarkan produk ini untuk mempopulerkan lagi makanan daerah
serta dengan harga yang terjangkau.
3. Situasi Persaingan dan Ancaman
Dengan semakin maraknya
perkembangan industry pengolahan makanan maka secara otomatis juga akan
meningkatkan persaingan dalam dunia usaha, khususnya dibidang yang sama. Untuk
menyiasati persaingan usaha yang semakin ketat, kami akan melakukan sebuah cara
untuk mendapatkan perhatian dari masyarakat yang dalam hal ini adalah costomer
kami. Tindakan yang kami lakukan sehubungan dengan masalah diatas adalah dengan
meningkatkan pelayanan yang terbaik, memperhatikan kualitas dan cita rasa dari
makanan tersebut, untuk dapat memperoleh tempat di pasar.
Rencana Pemasaran
1. Strategi Pemasaran
Sesuai dengan target pemasaran
kami yaitu semua kalangan dan pecinta makanan ini, maka strategi pemasan yang
kami terapkan adalah:
-
Promosi
melalui brosur
-
Promosi
melalui teman-teman
-
Menitipkan
di warung-warung atau kios-kios
2. Masalah penetapan harga
Untuk 1 kg produk kami. Kami membutuhkan
biaya Rp.20.000 dengan rincian sbb;
- Gula ¼ kg Rp.
3.000
- 1 kg ketan Rp. 12.000
- 1 buah kelapa Rp. 5.000
BAB IV
ASPEK USAHA
- Bahan dan peralatan
Bahan :
-
Ketan
-
Kelapa
-
Gula
Alat :
-
Penggorengan
-
Pengaduk
-
Kompor
- Proses Produksi
Proses produksi dalam pembuatan makanan ini
sangatlah mudah. Yang terpenting adalah kesabaran dan ketelatenan. Prosesnya
yaitu;
1. Ketan di rendam selama beberapa jam
2. Kelapa diparut
3. Masukkan parutan kelapa kedalam
penggorengan, kemudian digoreng sampai kelihatan berwarna gelap
4. Masukkan ketan kedalam penggorengan, dan
campur dengan kelapa
5. Kemudian aduk dan masukkan gula
6. Aduk sampai merata dan sampai adonan
mengembang
7. Setelah itu dinginkan kemudian produk siap
dikemas
BAB V
ASPEK FINANSIAL
- Data finansial
pada saat ini persaingan dalam pemasaran memang
cukup kuat. Apalagi di zaman sekarang ini produk yang kami produksi ini sangan
tertinggal dari produk yang sekarang di gemari masyarakat. Tapi kami tidak
putus asa untuk memasarkan produk kami ini karena kami percaya produk kami akan
digemari oleh kalangan orang-orang tua, dewasa, dan remaja.
- Sumber dan Penggunaan Modal
Sumber Modal yang kami gunakan untuk menjalankan
usaha ini merupakan dana dari iuran anggora atau patungan.
- Analisis SWOT
-
Kekuatan
Usaha
Produk kami bisa tahan sampai
5 bulan. Sehingga produk kami mungkin akan digemari oleh sejumlah kalangan.
-
Kelemahan
Usaha
Kurangnya Modal
-
Ancaman
Usaha
Produk kita tergolong produk
lama
-
Kesempatan
Usaha
Kurangnya pengusaha yang
memproduksi Produk yang sama sehingga kita memiliki kesempatan untuk meju lebih
banyak.
BAB VI
PENUTUP
A.
Kesimpulan
“KETAN
POCONG Woeng Ndesoe” adalah salah satu pruduk lama yang dipopulerkan lagi
dengan nama yang baru, tampilan baru, setra rasa yang baru pula.
B.
Saran

Gambar Produk “KETAN POCONG Woeng Ndesoe”

0 komentar:
Posting Komentar